Beranda Berita

Tangkal Virus Corona, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Vitamin C Ini

Tangkal Virus Corona, Konsumsi 5 Makanan Mengandung Vitamin C Ini

JAKARTA – Serangan virus corona (Covid-19) yang masuk ke Indonesia membuat masyarakat panik. Kepanikan ini menimbulkan aksi membeli masker dan hand sanitizer.

Namun, kepanikan bisa diatasi dengan menjaga daya tahan tubuh. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C.

Apakah benar vitamin C bisa menangkal virus corona? Gejala virus corona adalah batuk, demam dan sesak.

Biasanya, saat orang terserang flu, akan segera mengkonsumsi makanan atau minuman hangat hingga mencari pilihan obat yang dapat meredakan gejala.

“Saat gejala flu pertama muncul, maka perbanyak nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, seng, magnesium, dan kalsium adalah kuncinya,” ujar Fred Pescatore, MD, seorang dokter yang berspesialisasi dalam pengobatan alami, seperti dikutip melalui Business Insider, Senin (2/3/2020).

Banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk meredakan flu seperti mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C, zinc, magnesium, dan kalsium serta mengkonsumsi suplemen dan banyak minum air putih.

Vitamin C dan zinc telah menjadi pengobatan andalan untuk flu selama beberapa dekade. Kedua nutrisi ini tidak akan mencegah penyakit namun dapat mengurangi gejala.

Jumlah Vitamin C yang disarankan per hari untuk orang dewasa rata-rata adalah 75 miligram (mg) untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Kenali kebutuhan vitamin C di dalam tubuh Anda. Berikut makanan yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi:

– Jeruk: Satu jeruk sedang mengandung sekitar 130% dari kebutuhan vitamin C harian.

– Paprika merah: Satu paprika ukuran sedang mengandung sekitar 190% kebutuhan vitamin C harian

– Brokoli: Satu tangkai sedang mencakup sekitar 220% dari kebutuhan vitamin C harian.

– Stroberi: 8 stroberi sedang mengemas sekitar 160% dari kebutuhan vitamin C harian.

– Buah kiwi: Dua buah sedang mengandung sekitar 240% dari kebutuhan vitamin C harian.

sumber artikel: bisnis.com