Beranda Berita

Pengecekan Kesehatan di Soetta Sudah Cukup Baik

Hotline Virus Corona

JAKARTA – Pengecekan kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta dianggap sudah cukup baik untuk membatasi penyebaran virus co­ro­na atau Covid-19 dari pengunjung yang baru datang dari luar negeri.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pengecekan kesehatan penumpang yang baru tiba dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta sudah cukup ke­tat. Dalam prosesnya, pengecekan kesehatan dilakukan secara ber­lapis untuk menekan ri­siko penyebaran virus corona.

“Di kedatangan dari luar negeri ­checking-nya sangat ketat. [Mulai dari] mengisi kartu ke­waspadaan kesehatan, dan kalau berasal dari negara yang sudah kita waspadai, masuk ke pintu yang berbeda dan dicek untuk yang 4 negara, dicek 3 kali. Kalau yang dari negara di luar itu dicek 2 kali oleh thermal scanner dan thermal gun. Saya kira sebuah keharusan yang menurut saya ketat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden juga sempat menyak­sikan kegiatan disinfeksi yang dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area Bandara Soekarno-Hatta.

“Kalau di airport dan pelabuhan kemudian stasiun saya kira pemerintah, BUMN, juga telah melakukan [penyemprotan disin­fek­tan] se­jak seminggu lalu. Saya hanya ingin memastikan bahwa ini terus dilakukan setiap hari. Saya juga ingin memastikan bahwa yang namanya thermal scanner dan thermal gun benar-benar ada dan dipasang,” ucapnya.

Sekedar diketahui, program penyemprot­an cairan disinfektan dilakukan setiap hari di Bandara Soekarno-Hatta pada jam-jam tidak sibuk untuk mensterilkan terminal penumpang pesawat, serta area publik lainnya dari berbagai virus.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatak­an bahwa pengecekan terhadap penumpang internasional di Ban­dara Soekarno-Hatta dila­kukan melalui kartu ke­­waspadaan kesehat­an (health alert card), kemu­dian melalui thermal scanner, serta thermal gun.

“Kartu Kewaspada­an Kesehatan, thermal scanner, dan thermal gun merupakan standar pengecekan di seluruh bandara-bandara PT Angkasa Pura II, termasuk Soekarno-Hatta. Di Soekarno-Hatta disediakan juga jalur khusus pengecekan bagi penumpang pesawat dari 4 negara yaitu Iran, Korea Selatan, Italia dan China.”

sumber artikel: bisnis.com