Beranda Berita

IPB dan Pemkab Bogor akan Gelar Festival Bunga dan Buah Nusantara

IPB dan Pemkab Bogor akan Gelar Festival Bunga dan Buah Nusantara

BOGOR – Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan akan menyelenggarakan Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2019, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, pada 29 Nopember hingga 1 Desember 2019.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan, Pemerintah Kabupaten Bogor, Siti Nurianty mengatakan, kegiatan FBBN akan fokus pada upaya mempromosikan semua potensi pertanian dan pariwisata secara luas.

“Potensi ini tentunya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. FBBN juga diharapkan dapat memperkenalkan ekonomi kreatif, budaya, dan kearifan lokal lainnya,” tambahnya, Senin (25/11/2019).

Siti Nurianty menjelaskan, IPB dan Pemkab Bogor menyerahkan kepada event organizer untuk menjadi panitia penyelenggara. Panitia FBBN 2019 menyediakan sebanyak 200 stand untuk para peserta. “Sampai saat ini seluruh stand sudah penuh oleh peserta yang telah mengkonfirmasi untuk berpartisipasi pada FBBN 2019,” ujarnya.

Selama tiga hari penyelenggaraan FBBN 2019, menurut dia akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain, “Talk Show: Inovasi Kopi”. Talk show ini akan menghadirkan pembicara para pakar dari IPB, yakni Prof Erliza Noor, Prof Dr Khaswar Syamsu, dan Dr Yessie Widya Sari.

Kemudian, “Talk Show: Inovasi IPB untuk Mendukung Smart Farming” akan menghadirkan pembicara, Prof Dr Y Aris Purwanto dan Dr Karlisa Priandana ST, MEng.

FBBN 2019 juga akan diramaikan dengan karnaval mobil hias, yakni menghadirkan parade mobil yang berhias buah, bunga, dan tanaman hasil pertanian dari Kabupaten Bogor.

Acara lainnya, selama penyelanggaraan FBBN 2019 adalah, lomba fashion show, demo merangkai bunga, lomba buah unggul, senam bersama, lomba menggambar, fun cupping, dan demo mengukir buah.

Siti Nurianty menambahkan, melalui kegiatan FBBN 2019 ini diharapkan dapat memberikan informasi visual mengenai potensi pegembangan bunga dan buah nusantara. “Berbagai keunikan bunga dan buah akan hadir di festival ini. IPB juga akan memperkenalkan berbagai inovasi baru di bidang pertanian,” katanya.

sumber artikel: bisnis.com