Beranda Berita

Inflasi di Kota Malang terendah kedua di Jatim

Inflasi di Kota Malang terendah kedua di Jatim

MALANG – Inflasi Kota Malang saat ini tercatat sebagai inflasi kedua terendah di Jawa Timur, dengan pencapaian inflasi sebesar 0,5% bulan ini atau 1,93% secara yoy.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang mengatakan pada umumnya penyebab inflasi berasal dari kenaikan sejumlah harga bahan makanan akibat faktor musiman yang menyebabkan peningkatan permintaan.

“Target inflasi tahunan sebesar 3.5 +/- 1% tercapai,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (2/1/2020).

Namun demikian, kata dia, beberapa komoditas adminstered price akan mengalami kenaikan di Januari seperti tarif cukai rokok. Masih berlangsungnya masa tanam pada beberapa sentra pertanian juga menjadi faktor risiko inflasi.

Dengan tetap mempertimbangkan potensi risiko kedepan, serta kontribusi positif kebijakan pemerintah pusat dan daerah dan koordinasi yang kuat antara pemerintah daerah dengan Bank Indonesia, KPW BI Malang tetap optimis realisasi Kota Malang berada pada rentang 3,0+/-1% sesuai target inflasi 2020.

Untuk inflasi memang terjaga cukup rendah di 1,93% yoy di 2019. Hal ini menjadi modal dasar pondasi yang kuat utk pembangunan ekonomi ke depan.
“Ke depan target inflasi di 2020 juga turun menjadi 3% plus minus 1%,” ucapnya.

Menurut dia, memang ada faktor daya beli masyarakat, ada faktor sikap wait and see dr perusahaan atau pelaku usaha untuk menahan investasi dulu sehingga inflasi di 2019 terjaga rendah.

sumber artikel: bisnis.com