Berbagai usaha waralaba mulai dari makanan dan minuman, baik makanan ringan sampai makanan berat semakin banyak bermunculan dengan menawarkan biaya yang sangat terjangkau. Dengan kehadiran usaha waralaba tentu akan sangat membantu memudahkan para pemula yang ingin memiliki usaha dengan cara yang mudah dan instant.
Adanya kemudahan yang diperoleh para pemula untuk bisa menjadi pengusaha melalui usaha waralaba, agaknya semakin banyak dilirik di tahun ini tentunya. Pasalnya, dengan modal yang relatif terjangkau, para pemula sudah bisa mulai menjalankan usaha tanpa harus susah-susah merintisnya dari nol.
Bahkan hanya dengan mengeluarkan modal usaha yang telah ditawarkan oleh pemilik brand maka sang pemula usaha sudah mendapatkan berbagai fasilitas, pelatihan, pemantauan dan lain sebagainya. Itulah mengapa alasan usaha waralaba akan semakin booming dan membludak peminatnya. Dengan adanya hal tersebut tentu sebagai pemula usaha juga harus selektif dalam memilih waralaba dan perlu adanya tips usaha waralaba yang perlu dipelajari oleh para pemula.
Tips Usaha Waralaba Untuk Pemula
Kendati sekarang ini di Indonesia sudah ada banyak peluang usaha waralaba yang bisa dipilih para pemula, seperti usaha waralaba minuman, franchise makanan, dan masih banyak lagi lainnya. Namun agar tak salah pilih mitra sebaiknya pemula perlu mencatat tips usaha ini sebelum memulai usaha waralaba di tahun depan. Yuk, langsung cek apa saja tips usaha waralaba untuk pemula yang akan memilih menekuni usaha waralaba.
1. Recruitment Karyawan Selektif
Pastikan kamu melakukan perekrutan karyawan secara selektif untuk mendapatkan team terbaik. Meski semua perlengkapan dan sistem operasional prosedur bisnis waralaba yang kamu jalankan sudah didukung penuh oleh pemilik brand franchise, akan tetapi aset penting yang perlu kamu persiapkan agar usahamu berjalan lancar adalah team karyawan terbaik.
Lakukan perekrutan secara selektif, karena karyawan tersebut yang akan menjadi ujung tombak maju tidaknya bisnis franchise yang kamu rintis. Kebanyakan outlet franchise tutup di tengah jalan karena kinerja karyawan yang ada di lapangan belum bisa optimal.
2. Pelayanan Istimewa
Berikan pelayanan istimewa pada setiap konsumen yang datang. Istilah pembeli adalah raja masih bakal berlaku di tahun depan, apalagi sekarang ini persaingan usaha franchise di Indonesia semakin penuh sesak.
Agar outlet yang kamu punya selalu ramai dikunjungi pembeli, pastikan berikan pelayanan istimewa agar mereka tak berpaling ke tempat lain. Biasakan jangan memandang konsumen dari penampilan ataupun dari jumlah pembelian yang mereka lakukan, karena tanpa pembeli bisa dipastikan usahamu tak bisa bertahan lama di tengah ketatnya persaingan.
3. Jalin Hubungan Baik Dengan Pemilik Brand
Jalin hubungan baik dengan pemilik brand dan sesama mitra franchise. Salah satu kunci kesuksesan usaha waralaba bisa dilihat dari hubungan baik yang terbina antara franchisor (pemilik brand) dengan para franchisee (mitra franchise).
Agar bisa mendapatkan dukungan penuh dari franchisor, jalin komunikasi yang intensif agar segala permasalahan yang kamu hadapi di lapangan bisa segera diatasi oleh team manajemen franchise. Misalnya seperti mempersiapkan persediaan stok barang, menyampaikan usulan baru misal ada banyak permintaan konsumen yang menanyakan varian rasa baru, cara mengoptimalkan penjualan, dan lain sebagainya.
4. Inovasi Penjualan Produk
Sesekali kamu bisa melakukan inovasi agar penjualan produk bisa meningkat. Tak hanya terpaku dengan adanya support penuh dari team manajemen, sesekali kamu juga bisa melakukan inovasi agar bisa meningkatkan penjualan produk.
Contohnya seperti aktif berinteraksi dengan konsumen di sosial media ataupun sering mengikuti event bazar yang ada di kotamu untuk bisa mendongkrak penjualan produk setiap bulan. Dengan cara jemput bola seperti ini, kamu bisa mendapatkan penjualan ekstra, syukur-syukur bisa dapat bonus tambahan dari pemilik brand jika prestasi penjualan yang kamu berikan selalu bagus.
5. Pantang Menyerah
Pantang menyerah meski menghadapi berbagai kendala usaha. Walaupun banyak yang bilang kalau usaha franchise itu mudah dijalankan, tapi nyatanya tak sedikit mitra yang akhirnya bangkrut di tengah jalan karena tak sanggup menghadapi berbagai kendala di lapangan. Agar kemungkinan buruk seperti ini tak kamu alami, jangan cepat menyerah dan komunikasikan segala permasalahan yang dihadapi ke pihak manajemen franchisor. Dengan begitu, kamu bisa segera mendapatkan solusi dan kembali bangkit menjalankan usaha waralaba di tahun 2020.
6. Memberikan Diskon
Pada beberapa moment seperti tahun baru, pada bulan ramadhan, perayaan HUT RI, akhir tahun dan lain sebagainya biasanya para pelaku usaha berbondong-bondong untuk membuat promo untuk menarik para pelanggan. Untuk dapat bersaing dengan para pelaku usaha waralaba lainnya maka kamu perlu menerapkan cara yang satu ini pula.
Salah satu cara yang bisa kamu terapkan yakni dengan memberikan diskon harga pada moment-moment tertentu atau memberikan potongan harga dalam pembelian jumlah tertentu. Dengan begitu maka pelanggan akan terus memantau dan menanti promo diskon berikutnya. Tentunya dengan adanya cara tersebut maka brand waralaba kamu akan semakin dikenal oleh masyrakat luas.
7. Desain Interior Yang Menarik
Untuk membuat usahamu dapat memenangkan persaingan pasar maka membuat desain interior tempat usaha yang menarik sangat direkoemdasikan. Pasalnya tempat yang nyaman dan menarik akan membuat pelanggan berlama-lama untuk berada di lokasi dan tentunya akan membuat para pelanggan terus kembali dan kembali lagi. Maka pentingnya untuk membuat desain interior yang menarik sesuai dengan tema dan konsep yang diusung sangat diperlukan.
Nah setelah membaca beberapa tips usaha waralaba ini, apa kamu sudah siap jadi pengusaha waralaba di tahun ini? Persiapkan mental kalian dari sekarang dan pastikan jangan salah jalan. Untuk mendapatkan strategi dalam memulai usaha lainnya pelajari strategi marketing yang bikin dagangan laris di tahun 2020 dan hal penting apa saja yang perlu diperhatikan para pelaku usaha waralaba. Jangan sampai terlewatkan pula beberapa artikel lainya, mengenai waralaba atau franchise, pemasaran, peluang usaha, ide usaha dan inspirasi usaha lainnya hanya di bisnisukm.com
Jangan sampai terlewatkan pula beberapa video inspirasi dari para pengusaha sukses dalam mengembangkan usahanya. Kumpulan inspirasi usaha untuk pemua dan inspirasi usaha dari para pengusaha sukses. Sedikitnya ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan yang bisa jadi inspirasai kamu. Berbagai strategi pemasaran, resep, pengembangan SDM, keuangan, modal usaha, tips dan trik membangun usaha dari nol. Semua ada di website bisnis kuliner.id. Untuk mengetahui lebih lengkapnya bagaimana memulai usaha bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.